in

Sirkuit Mandalika Jadi Lintasan MotoGP dan Superbike Pertama di Indonesia Tahun 2021

Pengentau.id – Dorna Sports telah mengumumkan secara resmi bahwa Indonesia akan menggelar ajang balap motor Grand Prix (MotoGP) dan Superbike (WorldSBK) pada tahun 2021.

Lokasi yang akan menjadi sirkuit pertama MotoGP di Indonesia itu terletak di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Hadir dalam penandatanganan kontrak 3 tahun untuk musim MotoGP 2021, 2022, dan 2023 adalah CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta dengan CEO ITDC (PT Indonesia Tourism Development Corporation), Abdulbar M. Mansoer. Kerjasama ini langsung oleh duta besar Indonesia untuk Spanyol, Drs. Hermono M.A. (28/01/2019).

Yang menarik, sirkuit Mandalika akan menjadi yang pertama membangun konsep motogp perkotaan atau jalan raya di dunia.

“Keunikan dari proyek ini karena memiliki sirkuit perkotaan kelas dunia di negara dimana MotoGP memiliki penggemar yang sangat besar,” kata Carmelo Ezpeleta dilansir dari situs MotoGP.

Konsep motogp jalan raya ini juga diperkuat oleh penjelasan
Abdulbar M. Mansoer.

“Sirkuit Mandalika dibangun dengan konsep street circuit atau sirkuit jalanan pertama di dunia,” jelas Abdulbar M. Mansoer, Direktur Utama ITDC.

Baca juga:Jadwal MotoGP, Moto2, Moto3 2019 Live Race Trans7 dan Jam Tayang

Rencana Yang Tertunda

Sebelumnya kabar akan digelarnya MotoGP Indonesia sudah berkembang beberapa tahun lalu. Pada tahun 2015 rencana pembangunan sirkuit MotoGP di Jakabaring mulai diwacanakan.

Pada tahun 2016, rencana ini makin tajam seolah segera diwujudkan dengan bertemunya CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta dengan Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, untuk mendapat kesepakatan awal.

Keseriusan Alex Noerdin ditunjukan dengan akan menyewa desainer sirkuit ternama kelas dunia, Hermann Tilke yang optimis. Hasil pembiraan, sirkuit MotoGP pertama di Indonesia itu akan selesai pada tahun 2019. Sayang semua hanya tinggal rencana.

MotoGP Mandalika

Waktu berlalu cepat, tak disangka mencuat kabar, wilayah di Mandalika, Lombok terpilih untuk pembangunan sirkuit MotoGP pertama di Indonesia.

Dana besar hingga 6 triliun Rupiah telah disiapkan untuk mewujudkan sirkuit Mandalika. Hadirnya dua presiden dari dua negara yakni Presiden Joko Widodo dan Presiden Prancis Francois Hollande untuk menyaksikan langsung kerjasama ini menunjukkan keseriusan berhasilnya proyek sirkuit Mandalika.

Investor asal Perancis, Vinci Construction Grande Projets akan membangun dan memastikan kualitas jalan lintasan sirkuit Mandalika.

“Nantinya, partner kita (Vinci) yang membangun kualitas jalan itu. Jadi, nanti di atas jalan yang kita bangun akan dilapisi dengan lapisan yang sesuai standar MotoGP,” kata Abdulbar.

Masterplan desain Ruangan penonton MotoGP di Mandalika, Lombok.

Jadwal MotoGP Mandalika

Sirkuit jalanan kota Mandalika akan dibangun di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Rencananya sirkuit di KEK Mandalika mulai dibangun bulan Oktober tahun ini sehingga pada akhir tahun 2020 bisa uji kelayakan.

Ada beberapa terowongan juga yang harus dibuat, sehingga nanti akhir tahun 2020 uji kelayakan,” kata Direktur Konstruksi dan Operasional ITDC, Ngurah Wirawan, yang dilansir tim Pengentau.id dari Antaranews, Kamis (21/2/2019).

Setelah dinyatakan lolos uji kelayakan untuk sirkuit internasional menggelar balapan, baru nanti ditentukan kapan jadwal MotoGP Mandalika digelar pada tahun 2021.

“Setelah itu nanti diputuskan kita ikut race Maret atau Oktober 2021,” tambahnya.

Lintasan jalanan sirkuit MotoGP Mandalika yang dikelilingi pemandangan laut yang indah di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Foto: MotoGP.com

Harapan Terealisasi

Fans MotoGP Mania di Indonesia memang sangat besar. Hal ini juga diakui oleh CEO Dorna, Ezpeleta ketika memberikan keterangan resmi soal MotoGP dan Superbike yang digelar di Mandalika.

“Indonesia adalah pasar utama bagi kami dengan persentase penggemar motorsport yang sangat besar. Atmosfer MotoGP akan semakin kuat nantinya begitu sirkuit selesai”

“Selain itu masuknya Lombok ke kalender WorldSBK (Superbike) membuat penawaran makin menarik bagi penggemar lokal, yang bisa menyaksikan dua event motorsport kelas dunia di daerah itu sepanjang tahun,” sambung Ezpeleta.

Semoga pembangunan sirkuit MotoGP dan WorldSBK di Mandalika benar-benar berhasil sehingga motogp mania bisa menonton langsung aksi para pembalap seperti The Doctor, Valentino Rossi (VR46), sang juara dunia Marc Marquez, Jorge Lorenzo, Maverick Vinales, dan lainnya pada motogp Mandalika 2021.